Cara Mengatasi Step Pada Anak

TIPS MENGATASI ANAK STEP | INFORMASI MENCEGAH STEP PADA BAYI - Beberapa anak kecil / balita mengalami kejang. Kejang atau biasa disebut step,yang disertai demam atau tidak, bisa berdampak fatal. Sebagai orang tua, penting agar kita mengetahui cara mengatasi step pada anak.

Kejang  terjadi karena adanya kontraksi otot yang berlebihan dalam waktu tertentu tanpa bisa dikendalikan. Salah satu sebabnya yaitu tingginya suhu badan anak.Timbulnya kejang yang disertai demam ini diistilahkan sebagai kejang demam (convalsio febrillis) atau stuip/step.(doktersehat.com)

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mengantisipasinya. Informasi mencegah step pada bayi ini bersifat rujukan dan  didapat dari pengalaman dan share teman-teman sesama orang tua. Tetap yang harus diingat : SEGERA BAWA SI KECIL KE RUMAH SAKIT TERDEKAT setelah mendapatkan pertolongan pertama.

Kenali ciri-ciri kejang / step pada anak :

Tentu saja dalam hal ini orang tua harus bisa membaca ciri-ciri seorang anak yang terkena kejang demam. Di antaranya:

  • Kedua kaki dan tangan kaku disertai gerakan-gerakan kejut yang kuat dan kejang-kejang selama 5 menit .
  • Bola mata berbalik ke atas
  • Gigi terkatup
  • Muntah – muntah
  • Kadang si anak berhenti napas sejenak.
  • Pada beberapa kasus tidak bisa mengontrol pengeluaran buang air besar/kecil
  • Pada kasus berat, si kecil kerap tak sadarkan diri. Adapun intensitas waktu kejang juga sangat bervariasi, dari beberapa detik sampai puluhan menit.

CARA MENGATASI STEP PADA ANAK :

  • Siapkan selalu obat penurun panas dan thermometer pada kotak P3k dirumah. Suhu tubuh anak normal berkisar 36-37 C. Untuk kompres anak, lebih baik memakai air hangat biasa daripada alcohol untuk menghindari iritasi.
  • Share dari sesama orag tua, mencegah step pada anak bisa dilakukan dengan cara memberi minum kopi (sewaktu kondisi anak sehat). Bila si kecil sudah berumur diatas 6 bulan. Cukup 1 sendok atau 2 sendok teh sehari, 1-3x seminggu. Biasanya step menyerang pada anak usia 1-5th.  Jadi jangan kuatir, diatas 5 th mudah-mudahan kondisi anak sudah kuat.
  • Jangan selimuti anak dengan selimut tebal, jangan memakaikan jaket dan kaos kaki tebal atau apapun yang mencegah penguapan keringat. Biarkan anak berkeringat. Longgarkan semua pakaian agar aliran darah tidah terganggu.
  • Miringkan badannya saat step / kejang, karena biasanya anak mengeluarkan cairan/muntahan saat step. Hal ini bisa mencegah anak meminum kembali cairan tersebut.
  • Segera bawa ke rumah sakit terdekat

Mari menjadi orang tua siaga. Mudah – mudahan share cara mengatasi step pada anak ini bisa berguna.


Incoming keywords:

cara mengatasi step pada anakcara mengatasi step pada anak balitacara mengatasi stepbayi minum kopi supaya tidak stepmencegah anak setep kembaliciri ciri penyakit stepcara menangani anak stepapakah kopi bisa mengobati stepobat penyakit step pada anakciri anak terkna stipmencegah anak step kembalimencegah biar gak gampang step anak kecilMencegah stepmemakaikan kaus kaki pada saat anak demamtips mencegah step pada anak balita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>